21
Sep

Cara Ampuh Membasmi Rayap Pada Furniture Anda

 

 

 

 

 

 

 

 

Rayap merupakan hama yang sering hidup dalam koloni dan juga memakan selulosa, senyawa organik yang paling umum ditemukan dalam kayu dan tanaman. Maka tidaklah aneh jika rayap menyukai kayu, tanaman karena media tersebut merupakan sumber makanan utama mereka yaitu selulosa. Bahkan kayu yang sudah diproduksi dan diolah menjadi furniture pun tidak luput dari perhatian mereka. Sehingga rayap sering disebut hama bagi manusia karena mereka merusak fasilitas yang terbuat dari kayu baik perabotan rumah seperti lemari pakaian, dapur atau kitchen set, cabinet dan apapun bahan lain dirumah yang terbuat dari kayu.

Tidak butuh waktu lama bagi rayap untuk melakukan hal ini. Kadang, proses ini hanya berlangsung dalam hitungan bulan. Pemilik biasanya tak akan menyadari sampai adanya tanda seperti serbuk kayu di sekitar furniture.

Karena furniture merupakan salah satu properti berharga yang ada di rumah, ada baiknya kita menjaganya dari ancaman rayap. Namun simak cara membasmi dan mencegah bila rayap ini sudah terlanjur hadir di furniture atau struktur rumah Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

A. Cara membasmi rayap yang menghinggapi furniture / struktur rumah:

1. Cari tahu di mana lokasi bersarangnya rayap

Kadang, tanda – tanda furniture atau struktur rumah yang terserang rayap tidak mudah dilihat karena rayap bekerja dengan menggerogoti struktur dalamnya. Namun, Anda patut mencurigai tempat – tempat misalnya sudut rumah, tepian furniture, lubang di lantai atau fondasi, lubang di dinding, atau lubang pada bagian furniture yang terlihat mencurigakan.

2. Pasang jebakan dari kardus

Ambil kardus yang tipis, kemudai basahi. Letakkan kardus ini di area yang sekiranya menjadi kumpulan dari rayap – rayap tersebut. Dengan meletakkan jebakan dari kardus ini, Anda tengah memancing rayap untuk keluar dan berpindah ke kardus. Sebab selain kayu, rayap juga kerap menggerogoti kertas dan kardus karena rayap memperoleh makanan dari selulosa yang salah satunya bisa didapat dari kardus. Jika rayap sudah terpancing dan mulai mendatangi kardus, singkirkan kardus keluar, kemudian bakar kardus tersebut. Ulangi beberapa kali jika dirasa masih ada rayap yang tersisa di rumah / furniture.

3. Gunakan cacing nematoda

Cacing nematoda biasanya menjadi salah satu parasit pada kebun, sehingga banyak orang menyingkirkannya. Namun, ternyata nematoda ini bisa bermanfaat karena bisa menjadi pembasmi rayap yang alami. Ya, nematoda adalah salah satu pemakan rayap. Hebatnya, cacing nematoda tak hanya memakan induk rayap saja, tapi juga anak hingga telur atau larva rayap yang belum menetas.

Nematoda ini muda diperoleh, terutama di toko yang menjual pakan ternak. Biasanya, di pasaran terdapat sekitar 5 varian nematoda yang dijual. Selain itu, Anda perlu menyediakan media untuk meletakkan nematoda ini. Nematoda ini biasa hidup di tanah dengan suhu sekitar 15 derajat Celsius. Jika Anda belum memperoleh media yang tepat, simpan sementara dalam refrigerator.

4. Letakkan furniture yang terkena rayap di bawah sinar matahari

Jika rayap mengenai furniture yang terbuat dari kayu, misal meja, kursi, lemari, atau laci, Anda bisa melenyapkan rayap dengan cara meletakkan furniture ini di bawah sinar matahari langsung. Rayap biasa hidup dalam kondisi gelap dan lembab, dan kehadiran cahaya matahari yang terang dan panas bisa membunuhnya seketika. Biasanya, rayap – rayap ini akan mati seketika jika furnitur dijemur di bawah sinar matahari langsung selama seharian penuh. Bila dirasa belum maksimal, Anda bisa menjemurnya selama 2 atau 3 hari.

4. Dinginkan rayap

Jika di musim hujan, dimungkinkan akan sulit mendapatkan sinar matahari yang optimal untuk bisa membasmi rayap. Alternatifnya, Anda bisa membuat rayap ini membeku untuk mematikannya. Ya, rayap tidak suka suhu yang terlalu dingin, maka jika ukuran benda atau furnitur kayu tersebut tidak berukuran terlalu besar, Anda bisa meletakkannya di dalam freezer. Letakkan dalam freezer yang besar selama satu atau dua hari.

5. Gunakan boric acid

Boric acid adalah salah satu zat yang ampuh membunuh rayap. Bahan ini merupakan bahan yang kerap ditemui dalam insektisida pembasmi rayap. Boric acid ini bekerja dengan cara mematikan sistem syaraf rayap dan membuatnya kehilangan cairan, sehingga rayap perlahan – lahan akan mati.

 

 

 

 

 

B. Cara Pencegahan rayap agar tidak menghinggapi furniture / struktur rumah:

1. Jaga agar rumah / furniture tetap kering

Rayap merupakan hewan yang menyukai area yang lembab sebab hewan ini membutuhkan air untuk bisa bertahan hidup. Untuk itu, diperlukan kondisi rumah yang kering untuk menghindarkannya dari serangan rayap. Jangan biarkan ada genangan / rembesan air yang muncul, terutama di sudut – sudut ruangan yang berdekatan dengan area luar atau sumber air. Biasanya daerah yang lebih dulu di serang rayap adalah kithen set karena pada umum nya lebih lembab di banding area lain. Atau ruangan yang jarang di pakai seperti gudang apabila di ruangan tersebut terdapat lemari penyimpanan, cabinet yang terbuat dari kayu.

2. Tutup setiap retakan atau celah yang ada, baik di furniture maupun di struktur rumah

Retakan atau celah yang muncul pada furniture bisa dimanfaatkan oleh rayap untuk hidup dan berkembang dengan mengambil intisari pada furniture tersebut. Maka, usahakan jika Anda menemukan retakan atau celah, tutup segera dan jangan sampai dihinggapi rayap.

3. Pasang screen

Memasang screen dianjurkan agar rayap tidak mudah memasuki rumah. Screen bisa dipasang di area – area yang menjadi batas dengan wilayah luar, misal pintu, jendela, hingga saluran air.

Itu lah sebagian cara untuk membasmi dan mencegah rayap dirumah anda, sebelum terlambat selamat mencoba…